Rabu, 22 Februari 2012

Dodol Kentang Kerinci Tembus Pasar Luar Daerah


Dodol kentang produksi industri rumah tangga di Kabupaten Kerinci kini menumbus pasar luar daerah, terutama di pusat-pusat perbelanjaan.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kerinci Lukman di Jambi, Minggu mengatakan, pihaknya terus membina perajin atau industri rumah tangga agar meningkatkan mutu dodol kentang untuk menarik dan memikat pembeli.

“Petani di daerahnya kini giat mengembangkan industri rumah tangga, antara lain mengolah hasil perkebunan dan pertanian menjadi makanan jadi seperti dodol kentang, keripik pisang dan lainnya,” katanya.
Dodol kentang cukup maju pesat, bahkan sudah ada desa yang khusus memproduksi dodol tersebut, dan setiap wisatawan yang datang ke Kerinci dapat langsung menuju desa penghasil dodol itu.
Desa Lubuk Nagodang yang terletak di Kecamatan Gunung Kerinci, kini menjadi daerah kawasan wisata dodol kentang, produksi dodolnya selain dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung, kini juga telah menembus pasar luar daerah.
Kabupaten Kerinci, 410 Km dari Kota Jambi yang berada di kaki gunung Kerinci itu wilayahnya sangat subur bagi tanaman sayuran, khususnya kentang.
Komoditi pertanian dan perkebunan yang terus meningkat kini juga diolah menjadi produk jadi seperti dodol kentang, jus terong pirus, dan sirup kulit manis.
Khusus kentang, pengembangannya dilakukan bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mau Berkunjung Datang di Blog Berita Bagi Kita Semua, Siapapun Anda Boleh Menulis, Berkomentar, Mengirimkan Berita, Membuat Artikel ataupun Menceritakan tentang Hobby Masing-Masing, Kami Tidak bertanggung Jawab Dengan Akibat Yang ditimbulkan Konten Berita dan Artikel di Blog Ini, Pikir itu Pelita Hati,Jadi PIKIRKANLAH!!!, Komentar Yang Meniggalkan Links PORNO Akan Dihapus!!!