SEKAPUR SIRIH
Assalamualaikum wr, wb
Bukan lebah sembarang lebah
Lembah basusun dimuko buluh
Bukan sembah sembarang sembah
Sembah basusun tangan sipuluh
Bktik ayam di pagu, Timdak dimuko tanggo
Bakukuk ayam agi ragu, Apolagi sayo melarehkan namo sko
Syukur kepada Allah SWT, shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW .
Dengan
buku ini merupakan penambah wawasan bagi penulis dan pembaca yang
budiman yang ikut melestarikan adat lamo pusako usang di tigo luhah
semurup dan Kerinci umumnya, merupakan suatu pedoman bagi generasi muda
namun hal ini penulis menyadari akan kesempurnaan manuskrip ini namun
demi mempertahankan adat semurup tentulah kita bersyukur sebagai
petunjuk dan pedoman bagi generasi muda untuk masa yang akan datang.
Kami
juga menyadari kekurangan dan keterangan ini namun kritik dan saran
yang membangun dari pembaca sangat lah kita harapkan demi kesempurnaan
keterangan ini
Demikianlah sekapur sirih ini disampaikan sebagai bahan wawasan dan pengetahuan.
Wassalam
Di salin ulang oleh
Andododias rapuan, S.Pd.I
URAIAN TEMBO PEMAKAIAN DI TIGO LUHAH SEMURUP[1]
Baramulo kami mulai menyusun ico pakai adat lamo pusako usang di Tigo
Luhah Simuhut, dilingkung Payung keturunan Koto Payung Semurup Tinggi
beserto dengan Keturunan Gunung Sati Talang Melindung tanggal tigo puluh
bulan duo seribu seratus tujuh (3-2-1107). Tatkalo lah selesai mengarah
dengan mengajun ilo dengan bentang, wateh dengan bateh, rinteh rimbo
nge mulawo, rumah gedang celak piagam, lah di uni sko lah di junjung,
arah ajun lah tentu, wateh dengan bateh lah tahu, rinteh rimbo dengan
mulawo lah nampak, barulah kami duduk busamo-samo, dengan hati yang
suci, muko yang jernih, antaro kami duo keturunan satu asal satu
keturunan Kuto Payung Semurup Tinggi dengan Gunung Sati Talang Lindung
untuk menentukan pegangan kami masing-masing beserto mengelanokan arah
dingen ajun dilingkung wateh dengan bateh di Tigo Luhah Simuhut.
Inilah susunan tertib kagedong skonyo beserto mengelanokan arah dingen
ajun di Tigo Luhah Semurup pegangan masing-masing kami:
1. Sigumi Nan Tujuh[2] memegangkan titah nan sati dirumah Rajo, rumah pesusun Tigo luhah Semurup
2. Dipati nan batigo[3]
memegangkan perintah dengan keramat, arah dengan ajun, wateh dengan
bateh, rinteh rimbo dingan mulawo dilingkung Tigo Luhah Simuhut.
3. Pemangku Nan Baduo[4]
memangkukan titah nan sati dari Rajo, menyampaikan kato dingan kuramat,
kepado anak butino dalam di Tigo Luhah Semurup berjalan meringan kaki,
berkato melangsing lidah, suaro dingan nyaring jauh di jeput, dekat
dipanggin, duduk busamo mintak diawai
4. Ninek Karamenti yang selapan[5] memegangkan gawi dengan karjonyo, mengelanokan titah nan sati, mengerjokan perintah dengan kuramat di Tigo Luhah Semurup
5. Anak
Batino dalam, mengelanokan arah dingan ajun, menghunikan rumah gedang
Pencelak Piagam, batungku jarang, bapiuk gedang, balapik liba
Inilah roboknyo kagedongyo masing-masing duo keturunan satu asal satu
keturunan di Tigo Luhah Semurup salah satu antaro Sigumi Nan batujuh
yang duduk berundin dingan dipati nan butigo di rumah Pesusun Tigo Luhah
Semuhut di rumah Balai Adat yang Munganjung yolah Sigumi Nan Butigo;
1) Sigumi
Tanah Jambi, kagedongnyo satinyo menguraikan ico pakai adat lamo pusako
usang, diolah yang menentukan gawe dingen kerjonyo menyambut kato dalam
berunding, menimbang dawah sedang butingkah, setelah undin lah seluku,
katolah mufakat barulah Sigumi Tanah Jambi memberi berito kepado
saudaronyo yang duduk diruang rumah rajo nan didalam. Beritolah sampai,
kato lah jleh, barulah Sigumi Tanah Jambi menyerahkan Jato dingan
burumbak, cerpuk dingen sati kepado Mangku Rajo Tuo tando Titah Rajo lah
Jatuh.
2) Sigumi
Kudrat, kagedongyo satinyo yang menghat kato dalam mufakat, membulatkan
undin sedang butingkah, membuun dio mti, bakato kato mti, kato sipatah
idak barubah, kato tiucap idak diulang, kato digeggam idak mengungkai,
namun undin tetap bulat, duduk tertib bakato dio supan, memegangkan
keris dengan sati itu titah dari Rajo
3) Sigumi
Dubalang Bungsu, kagedongnyo yang memegangkan Dubalang Rumah Karjen nan
Sati di Rumah Pasusun Tigo Luhah Simuhut. Diolah yang duduk
mengembangkan dado, basilo menyilangkan kaki memandang matonyo jalang
memisahkan mendah dingan musuh, memimpin Rajo sedang barunding.
Inilah susunan tertib kagedongnyo sko dilingkung keturunan Tigo Luhah
Simuhut, artinyo Sko Sati, artinyo Pusako Kuramat
Pegangan sko :
Sko memegangkan rumah Celak Piagam, tembo keturunan, tembo tanah, wateh
dengan bateh, rinteh rimbo dingen melawo, lantak idak guyang, cermin
idak kabu, ico pakai idak buranjak, bakato dio mati, babuun dio meti
sejak dulu sampai sekarang
Undang-undang menjunjung sko tunggu warih
ü Hilang
ninek timbun mamak, hilang mamak timbun punakan, sko idak dinamokan
turun, sko dinamokan timbun dingen sendirinyo menurut sati keturuna.
Dingen namo sko tidak buleh direbut, idak pulo di raih, namun sko nan
sati tetap timbun
Artinyo sko tunggu warih
ü Hilang
ninek timbun kemamak, hilang mamak timbun ke punakan, hilang tuo
buganti mudo, hilang tubuh timbun badan, inilah yang dinamokan sko tunggu warih
Undang-undang lahong Ico Pakai Adat Lamo Pusako usang di Tigo Luhah Semuhut .
1. Undang-undang lahong dipegang sigumi nan tujuh, yang menjalankan titih dari rajo
2. Meh lahongnyo dipegang depati nan Batigo di tigo luhah Simuhut
3. Menerbitkan meh lahongnyo, dipegang ninik mamak karamenti nan silapang
4. Meh
lahong dibebankan kepada anak butino dalam, tidak ado breh atah
dikisai, tidak bukayu jenjang dingkah, idak nyado dirumah kimak kubawah,
namun lahong terbit jugo. Kalau meh lahongnyo nyado nia turunlah
kebawah idak jugo dapat, mako meh lahongnyo dibebankan kepada sko salah
satu penghulu Depati yang butigo untuk membayarnyo, karno anak butino
lah tipijak digunung ahang lah tipijak gunung kapo, namun lahong tetap
ditebit namo sko tetap ditabin, kcik mak ado namo, gedang mak ado gla
namun adat idak rusak, lambago idak sumbing, ico pakai mak nyu nyalo,
gadang mak nyu abih, kcik idak kami tibun namun adat tetap dipegang,
sarak jadi peduman ico pakai tetap dijalan, nyato diareh, terang dialam,
namun hutang tetap dibaya, namun duso tetap ditubat.
Mulai orang menamokan undang-undang lahong
Tatkalo maso dulu, dendam idak sudah samapai keturunannyo, hati bangih
baleh membaleh, intip menjadi-jadi, anak butino dingan tinayo, yang
bagak dingan diateh, yang burmeh dingan mnang, yang lemah membayar
hutang. Adat dipegang lah lemah, syarak peduman idak dijalan, ico pakai
lah tentu idak dituhut, kampung truh ditimpo bla, anak butino hilang
peduman, idak centu ujung dingan pangkan, raso nak mudik raso nak ile,
kedahat salh kelembak salah, idak tentu peduman yang dipegang, inilah adat jahiliyah
Yang dinamokan lahong, yolah ulek dendam sampai keturunannyo menurut
hawa nafsu sitan iblih, memegangkan adat badan suranglah, tidak
bupuduman dengan yang sebenarnyo adat, inilah yang dinamokan Lahong
Lahong terbagi duo bagian
I. Lahong Rajo Depati Nan Butigo
II. Lahong dipati ninek mamak dilingkung payung keturunan Tigo Luhah Semuhut
1.1 Lahong Rajo Depati Nan Butigo disudahkan dirumah pesusun Tigo Luhah atau dirumah Balai Adat Yang menganjung;
1.2 Lahong Dipati ninek mamak disudahkan dirumah gedang masing-masing di Tigo Luhah Semuhut
Lahong Rajo Dipati Nan Butigo Tigo Luhah Semuhut
1) Menentang
perintah Rajo Depati nan butigo dingan bukato kreh, bakicek cabuh,
megencang lengan, mengembangkan dado menghadap rajo depati nan batigo,
didalam duduk tigo luhah
2) Anak gadih dibunting urang
3) Anak butino titangkap basah
4) Mengeja urang sipanjang simpang, membawo pekai dingan tajam
Lahong yang empat ini disudahkan dirumah adat yang menganjung Tigo Luhah Simuhut, Dendo lahongnyo diterbitkan oleh Anak Inung Tigo Luhah Ijung Panjang. Kecik nyu nak bunamo, gedang nyu nak bugela, muju lalu mulintang patah, namun lahong tetap terbit (Dando Meh Sa Meh).
Lahong Depati Ninik Mamak Tigo Luhah Simuhut:
1) Menyambut lantak Depati Penghulu dalam kampung nan batuo di Tigo Luhah Semuhut
2) Memburu urang sampai kerumah
3) Menepuk anak butino urang
4) Menyencang pakaian anak bini
5) Mengeja anak bini sepanjang jalan
Lahong yang limo robok disudahkan dirumah gedang masing-masing di Tigo
Luha Semuhut dengan dendonyo Meh Setengah Meh, diterbitkan oleh Ulu Balang dirumah gedang masing-masing di Tigo Luhah Semuhut
Susunan tertibnyo ico pakai adat membunuh kaki empat setahu Depati
Penghulu dalam negeri, parit yang bersudut empat, inilah roboknyo Empat
robok
1) nazar
2) kikah
3) kurban
4) berumanah
Empat robok ini yolah panggilan sirih dingan parno awal dingan parno
akhirnyo ado maksud dengan hajatnyo inilah yang dikatokan setahu depati
penghulu dalam negeri, dendonyo meh setengah meh.
Yang tidak setahu Depati Penghulu dalam negeri tigo robok atau tigo macam:
1) membunuh kaki empat keadaan ternak sakit
2) kijang masuk kampung
3) atau kaki empat berniat untuk daging kejo uhang mati
Tigo robok ini atau tigo macam tidak dapat panggilan sirih atau pakai parno awal atau akhir
Bangun duo bahagian:
1) bangun disengajo
2) bangun tidak disengajo
1.1 bangun
disengajo: bangunnyo breh seratus kerbau seekor, kain sekayu idak raut
dingen gunting, tidak ado dawah dingen undin, namun bangun tetap dibayar
Bangun
dingen di sengajo yolah dengki khianat, dendam idak sudah, lah buniat
bermaksud untuk membunuh urang menurut hawa nafsu, bangunnyo termasuk
lahong
1.2 Bangun tidak sengajo umpamonyo:
1.2.1 urang mati jatuh dijenjang tanggo kito
1.2.2 urang mati naik kendaraan kito
1.2.3 urang mati didalam rumah kito
Tigo robok itu ado raut dingen gunting, unding dingen selaku
Bangun tidak disengajo dinamokan bangun musibah artinyo sudah suratan Allahuta'ala.
Bangun tersungkut undang duo bagian:
1. Urang mati didalam pekarangan kito
2. Urang mati didalam ladang kito atau diddalam pelak kito
Bangunnyo
jatuh dtentukan oleh taliti yang sebenarnyo menurut tingkah laku urang
yang tasungkup undan, baik atau jahat tingkah lakunyo selamo hidupnyo,
itulah dinamo mati busebab, namun bangun tetap dibayar
Tempat menerbitkan bangun duo tempat
1)
Bangun disengajo atau membunuh urang, tempat menerbitkan bangun dirumah
adat balai mengajung Tigo Luhah Semurup tabuh bulentung, pedang
diangkat , suaro kreh, mato jalang, kecik nyu nak bunamo, gdang nyu nak
bugela, namun bangun tetap dibaya
Ado dih mulayu ngato;
Sarih ptuh sari kilat, sati butepuk talingo bngap, nyato diareh terang
dialam, anmun adat idak rusak, lambago idak sumbing, namun ico pakai
tetap dijalan Anak inong Tigo Luhah Ijung Panjang
2)
Bangun idak busengajo, artinyo bangun musibah, maknanyo idak disengajo
malang tibo, tempat menerbitkan bangun dirumah gedang masing-masing di
Tigo Luhah Semuhut, diterbitkan oleh dubalang rumah gedang beserto
dingen depati ninek mamak rumah gedang masing-masing.
Luko bapampeh dua bagian
1) Mamampeh
1.1 Yang
dinamokan mamapeh yolah pauk lah tiraso ditangan, niatlah toraso
dihati, bakato lah tiraso dilidah, iniilah yang dikatokan mampeh. Tidak
adao raut dingen gunting, idak ado undin dawah namun mampeh tetap dibaya
2) Dipampeh
2.1 luko dipameh yolah tidak sengajo
Yang dinamokan luko dipampeh
1) Kujo lpeh urang mulinteh
2) parang
diangkat urang nempuh, tidak disengko malang tibo namun luko tetap
dipampeh, meh luko mampeh mehnyo menurut teliti pandangan mato Diepati
ninik mamak kedua belah pihak seperti : kuyak jangat, bakuak dagin,
putuh urat, batakuk tulang, utangnyo separo bangun. Kawan tinayo dibuat
awak, urang cacat karno perbuatan.
Disudahkan dirumah gedang masing-masing di Tigo Luhah semuruh, tidak ado raut dingan guntingnyo
Yang
dikatokan lembam balu tapung tawa yolah daging nyembo kulit balu,
utangnyo bereh sipinggan uang 5 sen (Rp. 2500), kalau sekironyo daging
nyembu' kulit balu aka ilang pungenan jauh,masnyoi samolah dingen pampeh
Utang dendo dua parakaro
1) Utang lahong
2) Utang bangun
3) Utang mampeh
4) Utang pampeh
5) Utang lembam balu
Inilah kagedongnyo Rajo serto Depati yang Batigo Di Tigo Luhah Semurup
1) Sigumi Nan Batujuh memegangkan Neraco dingan adil, dungen bna tetap bena, yang salah tetap salah, dio duduk memegang titahnyo
2) Depati nan Batigo; memegangkan adat, syarak, ico pakai kagedongnyo belain-lain.
Dipati Gumbalo sembah : memegangkan adat dinge sebena adat, babuun meti, bakato mati-mati, salah tetap salah
Dipati Simpan bumi, memegangkan hukum syarak, yang bna tetap bna, yang salah tetap salah, menurut perintah kitabullah
Dipati
mudo menjalankan Undang-undang ico pakai. Yang lahong tetap lahong,
yang bangun tetap bangun, yang mampeh tetap mampeh, lembam balu tepun
tawa, namun utang tetap utang, kecik bunamo, gedang bugela, namun ico
pakai tetap dijalan
Mulai urang menegakkan Balai adat dingan Manganjung tanggal satu bulan
duo seribu dua ratus (1-2-1200). Tempat pelabuhnyo dusun anak butino
dalam dusun balai, lamo balai itu ditunggu sampai tahun tanggal duo
bulan tigo seribu delapan ratus (2-3-1800) kemudian dari ini tidak
disangko-sangko tibolah gempo gedang selamo limo belas hari, tidak
henti-henti sampai tanah tiblah, batang ayi buranjak, dusunlah
bucerai-cerai, ruamh gedang buranjak-anjak tempat, rumah adat lah rubuh
untug baik panunggu rumah adat tidakkan hilang menjadi pegangan kemudian
hari.
Inilah pusako penunggu rumah adat balai yang menganjung:
Penunggu karang bumbun rumah adat balai yang munganjung dingan warnanyo
(1) hitam makna hitam tando adat
(2) putih maknanyo syarak
(3) abang/merah tando ico pakai, tabuh penunggu balai yang menganjung
Semenjak rumah adat ditunggu rumah adat sangat nyalo, syarak sangat
terang, ico pakai sangat jelang, setumbi idak mundur, setapak idak maju,
namun ico pakai tetap dipegang, muju lalu melintang patah, namun
pegangan tetap digenggam, idak lamo sudah itu, tibolah Belando kape
lanat nak ngumpukan tokoh adat para ulama dirumah pesusun tigo luhah
semurup, untuk melihat bendo pusako peninggalan ninek muyang kito yang
ada dirumah gedang Tigo Luhah Semurup. Kemudian dari ini bujuk dapat
pelitik lah keno diserahkanlah pusako petunggu karabumbun Balai Adat
yang menganjung kepado Belando kape lanat, kemudian sudah itu adat mulai
guyang, syarak mulai kabu, ico pakai mulai buranjak-anjak, anak butino
hilang pegangan dengan pedomannyo
Setelah sudah itu urang yang memegang adat yang sebena adat dibuang
jauh-jauh yang tidak dapat dibuang lari kerimb membao adat yang
sebenarnyo namun ico pakai yang sebenanyo tetap dipangku. Tatkalo itu
adat mulai kacau sarak mulai bakalumak, icopakai mulang
bersilang-silang, bala kampung menjadi-jadi, urang satilah mngih
keramatlah marah, ngimak anak cuculah ilang pedoman.
Tatkalo lamo sudah itu masuklah urang pakrun dari mnang kerbau, untuk
menangguk aye sedang kruh, mendauh ikan sedang mauk memasuk kait adat
sedang kacau, pujuklah dapat , pelitik lah kno, sesudah itu disusunlah
kaji adat, antaro kito dengan urang mnang karbau dingan kato dih mulayo
ngato: idak tajak kait mengenai, awak terimpit nak diateh, takurung nak
dilua, kalah nak menang, idak juga sedang disitu, dukung sangu ile ke
benda jambi mencari banding nak menang, nalak jalan jangan kno, nalak
tungkat jangan bah, inilah kaji adat mnang kerbau, menyabung mbuh, kalah
idak mau, berunding mbuh sekatai awak, katolah putuh dawa timbul, namun
kalah pantang kerbau, itu tuah tanah mnang
Inilah kaji adat ura manng kerbau:
Manih karno gulo,lmak karno santan, tegap karno tungkat, idak dipakai
menjadi adat kito, idak sesuai dengan ico pakai adat pegangan ninek
muyang kito, adat busendi syarak, syarak busendi kitabullah, ico pakai
bersendi sunah nabi, inilah adat yang sebena adatnya dari dulu sampai
sekarang, mano yang bna tetap bna, mano yang salah tetap salah,
janganlah mencari banding menegakkan benang basah, awak dimakan sumpah
krisetio, badan hidup dikandung sumpah, tubuh hancur dikandung duso,
keturunan tinggan tituhut bla, kalau menuhut buat dingen janji, dari
ninik muyang kito, adat idak buleh didalak, sarak idak buleh dicari,ico
pakai jangan dibanding, ini ada sudah disusun dengan syarak sudah
dipaham, ico pakai sudah diteliti, betul kato dalam adat, sah kato dalam
syarak, sesuao kato dalam ico pakai,
inilah pegangan Ico pakai adat lamo pusako usang sejak dulu sampai sekarang.
Kami yang bersumpah dibawah ini memegang umanah dari Badu Kawo yang
bergelar Mangku Rajo Tuo Dukun Tigo luhah semuhut. Pada tanggal limo
belas bulan empat seribu sembilan ratus limo pulu tigo (15-4-1954).
Uraian tembo ico pakai inilah kami pindahkan kepada sehelai kerteh
payung hurufnyo nampak dan jeleh untuk pedoman keturunan kami
dilingkungan Tigo Luhah Semurup, sebelumnyo uraian ico pakai ini kami
pindahkan, kami sudah disumpah busamo-samo oleh mamak kami Badu Kawo
Mangku Rajo Tuo
H. Muid Depati
|
H. Baharudin Depati
(Simpan depati)
|
Abu Taha Depati
Kepalo sembah
|
Mangku Gerak Depati
|
Bagindo Depati
|
H. Mamin depati `
|
H. Abdul Muthalib
Depati
|
H. Malano khatib Ninnek
Mamak
|
Malin kerteh ninik mamak
|
H. Bagindo Sutan Ninek Mamak
|
H. Samin depati
|
Kami umanahkan ico pakai ini kepada saudaro kami
H. Mhd. Jamin Depati/ Mangku Rajo
Ico Pakai yang ditulis dalam huruf arab melayu ini telah kami baca dan
salin ulang dalam huruf latin pada pada hari jum'at tanggal enam belas
september dua ribu lima
ttd
|
Ttd
|
ttd
|
M. Aris dpt
Depati kapalo sembah
|
Gerahimin,Dpt
Depati Simpan Bumi
|
Malin Kerteh Ninik Mamak
Depati mudo
|
SKO TUNGGU WARIH :
Artinyo sko tunggu warih
Hilang
ninek timbun kemamak, hilang mamak timbun ke punakan, hilang tuo
buganti mudo, hilang tubuh timbun badan, inilah yang dinamokan sko tunggu warih
RIWAYAT PENULIS :
Nama : ANDODIAS RAPUAN, S.Pd.I
Panggilan : Dodi
Lahir : Muara Semerah Semurup Kec. Air Hangat Kab. Kerinci, 8 Agustus 1978
Alamat : Kerinci
Email : Andodiasrapuan@gmail.com
Suku : Mangku Rajo kalbu Sigumi Qudrat
Saudara : seayah ibu 5 saudara
Seayah : 3 saudara
Pendidikan :
SD No 59 / III Muara Semerah 1989
SMP Negeri 1 Air Hangat 1993
SMA Negeri 1 Air Hangat 1996
STAIN Kerinci 2007
Pengalaman Organisasi :
Ketua Himaprodi Jurusan Kependidikan Islam
Koordinator Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci
Pernah dalm Partai Politik PKS
Kaur Kemasyarakat Desa (Staf desa)
Yayasan Tarikat Naqsabandiah Semurup
Anggota LSM Jamtoshc
Pegalaman berbisnis/Pekerjaan:
Pengalaman mengelola rental di Jambi selama + 3 tahun
Pra cetak layout editing pada tabloid Pelopor
Pengusaha Rental Komputer (DD Computer) di Kerinci
Pengusaha Ternak sapi potong dan domba
[2] 1)
Sigumi Tuo; 2) Sigumi Tanah Jambi; 3) Sigumi Qudrat; 4) Sigumi Tanah
Napuro; 5) Sigumi Tanah Mendapo; 5) Sigumi tiang setio 6) Sigumi
Dubalang Bungsu. Sigumi yang batujuh merupakan eksistensi dari
kagambaran dari ninek ajo, duduk samo rendah tegak samo tinggi karjo
berlain-lain. dirumah Pesusun Tigo Luhah Semurup; di salinan ulang oleh
Andodias Rapuan, S.Pd.I (suku Mangku Rajo kalbu Sigumi Qudrat)
[3] 1.
Depati Kepalo Sembah di Desa Balai 2) Depati Rajo Simpan Bumi di Desa
Koto Dua lamo 3) Depati Mudo umah Gedang Koto Datuk ; Depati yang
memegang luhah dan umah gedang masing-masing
[4] 1) Mangku Rajo di umah gedang Koto Dua Baru ; 2) Mangku Melano Tuo umah Gedang di desa Muara Semerah
[5] 1)
Ijung Tuo; 2) Ijung Depati Jadi 3) Ijung Melano Bumi 4) Ijung Karti 5)
Ijung Skalmat 6) Ijung Tibajo 7) Ijung Panjang 8) Ijung Kecik; dari
umah gedang masing-masing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Telah Mau Berkunjung Datang di Blog Berita Bagi Kita Semua, Siapapun Anda Boleh Menulis, Berkomentar, Mengirimkan Berita, Membuat Artikel ataupun Menceritakan tentang Hobby Masing-Masing, Kami Tidak bertanggung Jawab Dengan Akibat Yang ditimbulkan Konten Berita dan Artikel di Blog Ini, Pikir itu Pelita Hati,Jadi PIKIRKANLAH!!!, Komentar Yang Meniggalkan Links PORNO Akan Dihapus!!!