Rabu, 22 Februari 2012

Patenkan Segera Aksara “Incoung”!



Patenkan Segera Aksara “Incoung”!
JAMBI, Jambitourism.co.id–Aksara “Incoung” Kerinci sudah saatnya untuk dipatenkan agar  kekayaan budaya dari salah satu wilayah Indonesia itu tidak diklaim oleh negara lain.
Ketua Yayasan Kajanglako Art Center Rina Syafitri Rusdi, di Kerinci, Jumat, mengemukakan belum ada kekayaan  kebudayaan dari Jambi yang tercatat telah diusulkan untuk dipatenkan, padahal Jambi memiliki banyak potensi .
“Sebaiknya Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungaipenuh segera mengusulkan budaya masyarakat Kerinci bernilai tinggi seperti aksara Incoung ke UNESCO untuk dipatenkan. Usulan bisa melalui Kemenbudpar RI,” kata Rini.
Menurut Rini, sebanyak 90 persen potensi yang bisa dipatenkan itu  berada di Kerinci. “Jumlahnya ratusan bahkan mungkin ribuan termasuk salah satunya aksara Incoung. Hal ini membuat kebudayaan-kebudayaan Kerinci berada dalam posisi rawan dicuri orang lain,” katanya.
Dia mengemukakan kedekatan hubungan Kerinci dengan Malaysia sudah sangat akrab sejak zaman kerajaan dulu. Hingga saat ini  menurut dia paling tidak 6.000 warga Kerinci yang menetap di Malaysia bahkan tidak sedikit yang telah jadi warga negara Jiran tersebut.
“Ilmuan, budayawan, akademisi, dan kaum cerdik pandai Malaysia sering datang ke Kerinci untuk melakukan penelitian kebudayaan, ” katanya.
Sementara itu  budayawan muda Kerinci Nukman SS mengatakan bahwa Penno,  Pantun Kerinci,  dan aksara Incoung sering ditelaah atau diteliti oleh ilmuan asal Malaysia. “Data yang telah dikumpulkan ilmuan-ilmuan tersebut dikuatirkan bisa disalahartikan dengan jadi bahan pengklaiman,” kata Nukman.
Dia mengemukakan aksara Incoung ditemukan tertera atau ditulis di atas tanduk, tulang, batu, bambu, sutera dan kertas.
Di sisi lain,  Kepala Dinas Budpar Kerinci Arlis Harun menyatakan  revitalisasi keberadaan aksara Incoung dilakukan Pemkab Kerinci sejak setahun belakangan salah satunya adalah dengan pemakaian aksara Incoung pada penulisan papan nama jalan dan pengembangan motif aksara Incoung pada batik Kerinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mau Berkunjung Datang di Blog Berita Bagi Kita Semua, Siapapun Anda Boleh Menulis, Berkomentar, Mengirimkan Berita, Membuat Artikel ataupun Menceritakan tentang Hobby Masing-Masing, Kami Tidak bertanggung Jawab Dengan Akibat Yang ditimbulkan Konten Berita dan Artikel di Blog Ini, Pikir itu Pelita Hati,Jadi PIKIRKANLAH!!!, Komentar Yang Meniggalkan Links PORNO Akan Dihapus!!!