Rabu, 22 Februari 2012

TNKS Siapkan Air Terjun Lumpo Jadi Paket Wisata

padangmedia.com - PAINAN - Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah III Sumatera Barat Seksi Pengelolaan Pesisir Selatan akan menyiapkan Air Terjun Lumpo sebagai salah satu objek dalam paket wisata Kabupaten Pesisir Selatan. Air terjun tersebut berada dalam kawasan TNKS Resort I Air Lumpo.

"Ini sebagai upaya pemanfaatan potensi kawasan TNKS tanpa mengubah struktur alam dan hutan. Saat ini sedang disusun siteplan pengembangan lokasi," jelas Kepala Seksi Pengelolaan TNKS Pesisir Selatan, Kamaruzzaman, kepada padangmedia.com, Kamis (28/4).


Untuk menunjang pengembangan potensi alam kawasan tersebut, menurut Kamaruzzaman, di antaranya akan dilengkapi dengan lokasi camping, tracking dan lokasi pengamatan satwa alam. Untuk mencapai kawasan air terjun hanya dengan melalui jalan setapak tanpa dibeton.

"Untuk sarana penunjang, diharapkan Pemkab dapat menyiapkan lokasi parkir dan sarana lainnya. Tapi, berbagai sarana itu hanya boleh dibangun di luar kawasan," lanjutnya.

TNKS menurut Kamaruzzaman hanya menyediakan kawasan yang berpotensi wisata. Sementara untuk hasil dan retribusi objek wisata yang berada di dalam kawasan TNKS merupakan hak Pemerintah Daerah.

"Ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah nantinya," ulasnya.

Lebih jauh, menurut Kamaruzzaman, dalam beberapa tahun ke depan juga akan dipersiapkan satu lokasi dalam kawasan TNKS yang bakal direncanakan menjadi objek wisata alam. Yaitu, Objek Wisata Rimbo Tapan di resort IV dengan menyuguhkan keindahan alami hutan belantara dari jalur Lintas Sumbar - Jambi.

"Namun, untuk saat ini baru fokus kepada pengembangan Air Terjun Lumpo," pungkasnya. (feb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mau Berkunjung Datang di Blog Berita Bagi Kita Semua, Siapapun Anda Boleh Menulis, Berkomentar, Mengirimkan Berita, Membuat Artikel ataupun Menceritakan tentang Hobby Masing-Masing, Kami Tidak bertanggung Jawab Dengan Akibat Yang ditimbulkan Konten Berita dan Artikel di Blog Ini, Pikir itu Pelita Hati,Jadi PIKIRKANLAH!!!, Komentar Yang Meniggalkan Links PORNO Akan Dihapus!!!