Minggu, 05 Februari 2012

Reuni Kanti Lamo Bangun Daerah

Padang, Padek—Masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci, Jambi, yang berada di daerah rantau mengadakan reuni akbar. Reuni yang bertemakan ”Rindu basuo jo kanti lamo” ini diadakan di UPI Convention Centre, kemarin (4/2). Reuni ini dihadiri ratusan perantau yang berada di seluruh daerah, termasuk di luar Sumbar.

Penasehat masyarakat Kerinci, Firwan Tan menjelaskan peserta yang hadir adalah orang yang lahir di dua daerah itu atau yang pernah tinggal di sana. Selain acara temu ramah, kegiatan ini merupakan sinergi, harmonisasi, berdaya guna, dan berkelanjutan serta meningkatkan peran sosial dan ekonomi kanti lamo di Kerinci  dan Sungaipenuh.


Dosen Ekonomi Unand ini menjelaskan, dalam reunian ini akan membicarakan kontribusi yang bisa diberikan untuk daerah asal. “Kita ingin melihat daerah itu maju seperti yang diharapkan,” imbuhnya.

Dalam ide awal, ada beberapa sektor yang akan dipacu pada Sungaipenuh dan Kerinci, yaitu ekonomi dan pendidikan. Untuk sektor pendidikan, salah seorang anggota DPR RI yang berasal dari Sungaipenuh memberikan lahan untuk dibangun sekolah.

Dirut Bank Nagari Sumbar, Suryadi Asmi, yang juga peserta reuni, menjelaskan, untuk konsep kontribusi ini akan dibicarakan lebih intensif. Dengan banyaknya masyarakat Kerinci yang telah sukses seperti menjadi Bupati, Walikota, anggota DPR RI, dan lainnya akan mudah memberikan dorongan bagi daerah.

Reuni ini merupakan kegiatan ketiga yang dilakukan. Dua tahun sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta dan Bekasi. “Kita patut membesarkan daerah kita, biar sedikit tapi harus memiliki arti,” ujarnya. (e)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mau Berkunjung Datang di Blog Berita Bagi Kita Semua, Siapapun Anda Boleh Menulis, Berkomentar, Mengirimkan Berita, Membuat Artikel ataupun Menceritakan tentang Hobby Masing-Masing, Kami Tidak bertanggung Jawab Dengan Akibat Yang ditimbulkan Konten Berita dan Artikel di Blog Ini, Pikir itu Pelita Hati,Jadi PIKIRKANLAH!!!, Komentar Yang Meniggalkan Links PORNO Akan Dihapus!!!